Review Past Lives: In-yeon Tentang Hubungan Manusia

Review Past Lives: In-yeon Tentang Hubungan Manusia

Dua teman masa kecil yang sangat dekat yaitu Nora dan Hae Sung berpisah setelah keluarga Nora pindah ke New York karena alasan pekerjaan. Dua puluh empat tahun kemudian mereka bertemu kembali di New York selama satu minggu dan menghadapkan mereka tentang takdir, cinta, dan pendewasaan diri dalam romansa modern yang indah tapi menyayat hati.

Ulasan

Seminggu sejak saya menonton film ini pada 14 Januari 2024 lalu damage masih begitu terasa. 12 tahun berlalu setelah berpisah mereka telah tumbuh dewasa, Na Young telah menjadi penulis drama di Amerika sedangkan Hae Sung kuliah jurusan Teknik Mesin di Korea Selatan. Nora kemudian menghubungi kembali Hae Sung melalui Skype, sejak itu mereka menghabiskan banyak waktu di Skype mengenang kembali kehidupan masa remaja mereka.

Past Live ditulis oleh Celine Song dan dibintangi oleh Greeta Lee, Teo Yeo dan John Magaro, diproduksi oleh studio A24 yang terkenal akan film-filmnya yang berkelas. Past Live juga merupakan semi-autobiografi dari Celine Song. Lanskap Amerika dan Korea yang begitu indah akan memanjakan mata dipadukan scoring musik yang menggugah.

Penyampaian cerita melalui gestur tubuh, tatapan mata diperankan dengan baik oleh semua karakter dan Greeta Lee dan Teo Yoo sebagai karakter utama menunjukkan emosi yang cukup banyak. Celine Song sebagai penulis juga berhasil memberikan pengalaman rasa sakit dengan premis yang sederhana melalui Nora dan Hae Sung dengan chemistry nya.

Past-Lives-2023

Film dengan durasi 1 jam 46 menit ini akan membawa kita merenung akan pendewasaan diri dan melihat secara mendalam tentang sebuah hubungan. Celine Song menurut saya juga berhasil melihat kondisi manusia secara realistis seperti halnya Nora akan kegundahan akan cinta masa lalu, Hae Sung representasi dari "rumah" beserta kenangan indah yang terlalu sulit untuk dilupakan, Arthur yang merupakan masa depan Nora berlapang dada demi kebahagiannya. Seperi halnya In-yeon dalam bahasa Korea berarti Takdir Tuhan atau lebih spesifiknya mengenai hubungan antar manusia dan berasal dari ajaran Buddha.

Celine Song memenangkan Penulis Naskah Terbaik dan Past Lives sebagai Best Picture di ajang Oscar 24 Januari 2024.

Rating pribadi: 9.9/10

Gabung dalam percakapan