Review Timeline: Yakin Akan Siapa Yang Kamu Cintai

Review Timeline: Yakin Akan Siapa Yang Kamu Cintai Mat seorang ibu dan janda yang harus membesarkan putra nya, Tan. Tan diharapkan menjadi seperti ayahnya tetapi dia lebih ingin keluar dari kungkungan ibunya. Mimpi Tan terlihat seperti kenyataan setelah dia bertemu dengan June, wanita muda ini ingin membantu ibu Tan untuk kembali terhubung dan bersama dengannya.

Ulasan

Film berjudul “Timeline” yang dirilis pada 13 Februari 2014 di Thailand dan sempat diputar di bioskop-bioskop Indonesia pada bulan Mei 2014 lalu menjadi salah satu film yang mengangkat kisah romantis yang harus ditonton. Film yang disutradarai oleh Nonze Nimibutr yang dikenal dengan filmnya ‘Nang Nak’, ‘The Tsunami Warrior’ dan ‘Distrotion’ mengisahkan seorang pemuda dengan dua perempuan hebat.

Pembukaan film sudah disuguhkan dengan pemandangan suasana desa yang adem dan indah ditambah dengan suasana hujan membuat hati makin begitu tenang. Pesan yang disampaikan melalui beberapa tulisan surat menambah khas klasik di film ini. Film ini menceritakan seorang Tan diperankan oleh Jirayu yang sedang memasuki fase perkuliahan.
Suatu hari Tan harus memutuskan untuk kuliah ke kota dan berpisah dengan ibunya. Sang ibu berharap Tan mengambil Fakultas Pertanian akan tetapi ia harus tidak mengikuti impian ibunya dan mendaftar sebagai mahasiswa Seni Rupa dan Desain di Bangkok yang kemudian menjadi keputusan yang ia sesali. Ibu Tan harus menjual beberapa hasil kebun lahan yang merupakan peninggalan dari Ayah Tan untuk Tan kuliah.

Selama berkuliah di Bangkok, Tan jatuh cinta pada dua orang wanita yaitu Orn sebagai seniornya dan June yang jatuh cinta pada Tan akan tetapi perasaan tersebut dipendam. Hingga suatu hari Orn suka menyuruh Tan dan ia hanya mengikuti apa yang diperintahkannya. June tidak menyukai sifat Tan yang seperti itu, akhirnya ia memutuskan untuk mengungkapkannya melalui facebook.

Tan menemukan kebebasan usai bertemu dengan June yang diperankan oleh Jarinporn Joonkiat. Akan tetapi mereka dihadapkan oleh berbagai masalah yang terjadi diantara mereka berdua. Film “Timeline” memanfaatkan facebook sebagai media penyampaian cerita dengan melibatkan video, foto, status, dan friend request. Dengan memanfaatkan facebook membawa penonton ikut melihat bagaimana visual yang ditampilkan ketika mereka harus saling menghubungi satu sama lain untuk mengungkapkan hatinya.

Menceritakan berbagai peristiwa yang dapat membuat penonton merasa gregetan bahkan menitikkan air mata. Tidak hanya peristiwa yang sedih, film ini juga menceritakan hal-hal konyol yang dilakukan oleh sahabat Tan mulai dari cerita romantis, sedih, dan lucu membuat film ini tidak membosankan untuk ditonton.

June yang merasa cemburu dengan hubungan Tan dan Orn membuat ia harus menerima beasiswa ke Jepang yang diberikan universitas kepadanya. Tan yang merasa bahwa Orn sudah memainkan hatinya merasa kehilangan. Tan menuliskan surat untuk June dan meminta alamatnya di Jepang. Akan tetapi, saat menuju perjalanan di kapal menuju ke Jepang, June harus menyelamatkan seorang anak yang jatuh ke laut dan hampir tenggelam. June langsung terjun ke laut dan menyelamatkannya dan anak tersebut terselamatkan.

Di akhir kisah, Tan membuka facebook dan membuka pesan yang belum dia lihat. Ia melihat June yang mengungkapkan isi hatinya melalui pesan.

Masyarakat pasti tidak asing dengan film yang menyajikan cerita romantis, namun film ini mampu membuat para penontonnya ikut merasakan emosi berkat chemistry dari karakter utamanya. Begitu heart-warming nya film ini membuat mata saya berkaca-kaca bahkan menitikkan air mata melihat kisah mereka. Film romantis-komedi yang sangat cocok untuk ditonton bersama sahabat, teman ataupun pasangan.

Dia akan menunggu sampai dia mencintai, dia akan mencintai sampai dia tahu

Rating pribadi: 9.5/10

Gabung dalam percakapan