Review Elemental Forces of Nature: Animasi Menggemaskan

Review Elemental Forces of Nature: Animasi Menggemaskan Bertempat di dunia di mana elemen alam tanah, api, air, udara hidup berdampingan di kota metropolis bergaya New York, masing-masing mewakili kelas sosial yang berbeda.

Ulasan

Tidak ada henti-hentinya saya mengagumi bagaimana kehebatan Pixar mengemas setiap cerita animasinya. Berbagai cerita yang menakjubkan dan tidak terpikirkan dikemas dalam sebuah animasi dan kali ini Walt Disney merils film animasi teraru yang berjudul Elemental Forces of Nature yang dirilis pada 21 Juni 2023. Animasi ini tidak menceritakan manusia seperti animasi lainnya, bukan hewan dan juga tanaman. Film ini menceritakan bagaimana kehidupan elemen api, air, tanah, dan udara. Keempat elemen tersebut tinggal di kota yang bernama Element City. Walaupun tidak sebagus karya animasi pixar lainnya, tetapi film ini mampu memberikan cerita yang hangat dan menghibur bagi penontonnya. Hal ini membuat elemental menjadi salah satu animasi film terbaik di 2023.

Animasi yang disutradarai oleh Peter Sohn menampilkan bagaimana elemen bekerja sesuai di dunia nyata seperti makhluk air yang cair, tanah yang keras, dan api yang panas. Animasi ini menceritakan tentang kehidupan keempat elemen lewat Ember Lumen si elemen api yang pindah dari Fire Town ke Element City demi masa depan yang lebih baik. Mereka memulai kehidupan baru dengan mendirikan sebuah toko yang bernama Fireplace.

Ember sebagai anak tunggal menjadi pewaris toko keluarganya. Tetapi tidak sebijak ayahnya, Ember adalah anak yang mudah tersulut emosi. Walaupun The Elemental adalah sebuah film keluarga, tetapi juga ikut menampilkan isu-isu yang kompleks layaknya di dunia secara nyata. Permasalahan tentang karir, keluarga, dan asmara diceritakan melalui film ini dikemas melalui kehidupan Ember sebagai anak tunggal di keluarganya.

Ember si elemen api tumbuh di lingkungan minoritas ditambah harus meneruskan toko keluarganya membuat ia sulit melihat dunia dan menggapai mimpinya. Bertemu dengan Wade si elemen air membuatnya bisa mengetahui bahwa dunia begitu luas. Ember jatuh cinta dengan Wade, akan tetapi ayah ember adalah tipe orang tua yang sulit menerima perbedaan. Berbagai adegan romantis dan adegan yang muncul antara Ember dan Wade membuat Elemental menjadi animasi romantic comedy.

Akhirnya Ember dihadapkan oleh pilihan yang sulit apakah dia harus mengejar cinta, mimpi, atau tetap meneruskan toko warisan keluarganya. Memang secara logika bahwa air dan api tidak bisa bersatu, maka dari itu kita akan dibawa oleh cerita yang disajikan dan dikemas dengan sangat baik sehingga membuat film ini semakin menarik untuk ditonton. Seperti biasa, Pixar selalu mengemas animasinya dengan sangat baik. Elemental dikemas dengan visual yang berbeda dengan animasi pixar lainnya. Setiap elemen dikemas detail dengan gaya khasnya masing-masing sesuai dengan sifat setiap elemen.

Efek yang diberikan pada setiap elemen juga sangat menakjubkan ketika mereka berinteraksi dengan elemen lainnya. Tidak hanya visual, audio yang disajikan benar-benar sangat detail terutama bagaimana efek suara percikan api dari Embers. Sehingga Elemental menggambarkan elemen secara nyata tidak hanya visual tetapi audio pun juga diperhatikan. Sehingga film ini bisa menjadi film pembelajaran untuk anak-anak. Audio setiap karakter bisa dibilang diisi oleh suara yang tepat terutama di tokoh utamanya.

Secara keseluruhan Elemental Forces of Nature berhasil meninggalkan rasa hangat di hati penonton dan pengalaman yang menyenangkan. Detailing Element City dan alur ceritanya yang benar-benar dikemas dengan sangat baik membuat film ini menjadi salah satu film Pixar terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Animasi ini menjadi tontonan yang menyenangkan dan dapat dinikmati bersama keluarga ataupun sendirian.

Rating pribadi: 7/10

Gabung dalam percakapan